Rabu, 16 Januari 2013

0 Pengertian Komputer

Setelah berjalan 2 tahun lebih menuntut Ilmu, dan setengah tahun lebih ini blog. Baru sadar nich, mau posting tentang Ilmu yang agak nyangkut di otak.hehehe Kali ini Saya ingin membahas tentang Komputer. Apa sich komputer, dan apa saja komponen-komponen Komputer. Bagi teman-teman mungkin sudah tidak asing lagi mendengar kata komputer,  bahkan dari Kalian hampir dari 99% memiliki benda elektronik ini. Dan yang pasti sudah banyak yang tahu bagaimana wujud dari Komputer tersebut.


Komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang berarti menghitung. Dan dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara garis besar komputer diterjemahkan Sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data(input), mengolah data(proses) dan memberikan informasi serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Komputer terdiri dari beberapa Komponen didalamnya, tetapi Komputer memiliki tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :


Hardware atau Perangkat keras ini merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat terlihat oleh mata bahkan dapat dirasakan. Hardware terdiri dari.

  • Storage Device
artinya adalan Perangkat Penyimpanan yang merupakan media untuk menyimpan data, contohnya seperti disket, flashdisk, harddisk, Cd-I, dll.
  • Input/Output Device

Perangkat ini terdiri dari perangkat masukkan dan keluaran. Contoh, Keyboard, printer, mouse.
  • Monitor / Screen
Adalah media untuk menampilkan apa yang kita input atau ketikkan pada Keyboard setelah diubah oleh prosesor.
  •  Casing Unit
Casing unit merupakan tempat dari semua peralatan komputer, baik motherboard, card dan CPU(central Procesing Unit). Biasanya Casing unit disebut juga dengan istilah System Unit.
  • CPU (Central Procesing Unit)
CPU ini merupakan bagian paling penting dalam komputer, karena jenis processor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer ditentukan terutama oleh jenis prosessornya.


Software atau Perangkat Lunak ini merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankansuatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Software terdiri dari :
  • Operating System
OS atau Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Contoh Unix, Windows, DOS
  • Program Utility
Merupakan software yang membantu atau mengisi kekurangan / kelemahandari system operasi. Contoh Norton Utility, Scandisk, PC Tools.
  • Program Aplikasi
Merupakan Suatu program khusus yang melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti Program Pembayaran Kuliah, Program Penjualan pada suatu perusahaan. Program Aplikasi ini dibuat oleh seorang Programmer komputer sesuai degan permintaan/kebutuhan seseorang/lembaga/perusahaan guna keperluan interennya. Contoh MYOB, Payroll, Accurate
  • Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman merupakan Software khusu yang digunakan untuk membuat Program Komputer / Program Aplikasi. 
  • Program Paket
Program Paket ini terdapat didalam Komputer yang disusun untuk digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Contoh Prgram Paket yaitu Ms.Word, Ms.Excel, Ms.Power Point.

Brainware adalah Orang-orang yang terlibat langsung dalam pemakaian atau pengoperasian Komputer. Seperti System Analis. Programmer, Operator, User.


Nah itulah sekilas tentang Komputer, benda elektronik yang semakin hari semakin marak di era globalisasi ini.
Semoga bermanfaat, Keep Blogging. ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kacamata Tati Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates