Kamis, 24 Januari 2013

0 Jaringan Dalam Komputer

Setelah setahun lalu saya membahas tentang Tutorial Jaringan Lan, kali ini Saya akan membahas macam-macam Jaringan Komputer. memang agak aneh sich cara postingnya, harusnya Jaringan Komputer di posting dahulu, tapi ya inilah ingetnya kalau kadang-kadang.hehehe. Jaringan Komputer merupakan sebuah kumpulan Komputer beserta peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan sistem. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna Jaringan Komputer dapat saling bertuker dokumen tanpa harus colok flashdisk *kata dosen*hehe. Bahkan Jaringan Komputer mempermudah cara kerja di suatu perusahaan, contohnya Kita bisa mencetak pada printer yanag sama(komputer berbeda) dengan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer yang terhubung dengan jaringan biasanya disebut dengan NODE.



  • LAN ( Local Area Network)
Merupakan Jaringan milik pribadai yang biasanya digunakan dalam satu gedung, satu perusahaan yang berukuran samapai kilometer. LAN sering digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan. contohnya pemakaian Jaringan Komputer untuk pemasangan Printer secara paralel
  • MAN ( Metropolitan Area Network)
Ini merupakan versi dari LAN yang ukurannya agak lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN biasanya mencakup kantor perusahan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat digunakan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.
  • WAN ( Wide Area Network)
Suatu Jaringan yang memiliki jangkauan daerahnya cukup luas. Seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
  • Internet ( International Networking)
  • Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Ini merupakan suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang ingin mendapatkan informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada di atas mobil atau pesawat, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat.

Selain membahas tentang Jaringan Komputer, disini Saya akan membahas tentang Topologi Jaringan Komputer.

Topologi merupakan suatu cara menghubungkan Komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Topologi yang sering digunakan antara lain bus, Token-ring(Cincin), star, Peer to Peer. Masing-masing topologi tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri.
  • Topologi Bus 
Kelemahan dari Topologi ini adalah Deteksi dan Isolasi kesalahan sangat kecil, Kepadatan Lalu Lintas, Bila salah satu client rusak maka jaringan lain tidak berfungsi, diperlukan repeater untuk jaral jauh..
Keuntungan dari Topologi ini adalah Hemat Kabel, Layout Kabel sederhana, Mudah dikembangkan. 
    • Topologi Ring / TokenRing
    Topologi ini berbentuk seperti lingkaran cincin. 
    Kelemahannnya adalah Peka Kesalahan, Pengembangan Jaringan lebih kaku sedangkan Keuntungannya adalah Hemat dalam pemakaian Kabel.
    • Topologi STAR
    Topologi ini disebut juga dengan Topologi Bintang. Dalam pengoperasiannya hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah server. Keuntungannya Paling Fleksibel, Pemasangan / perubahan stasiun sangat mudah dan tidak menganggu bagian Jaringan lain, serta kontrol terpusat. Dan Kelamahannya adalah Boros dalam pemakaian Kabel, Perlu penanganan khusus serta kontrol terpusat jadi elemen kritis.
    • Topologi Peer to Peer
    • Adalah suatu jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). 

    Manfaat Jaringan Komputer
    - Resource Sharing
    - Reliabilitas Tinggi
    - Menghemat Uang
    (untuk penjelasaanya menyusul ya :)

    Oke sekian dulu ya Kacamata Tati menoleh tentang Jaringan Komputer. Semoga Ilmu yang didapat dan dibagi selalu bermanfaat. Happy Blogging ^_^

    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Kacamata Tati Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates