Senin, 01 Agustus 2016

0 TIPS MENGHADAPI UJIAN!!!

Assalamu'alaikum Wr Wb Sahabat Kampusss ( yang diluar kampus juga ^,^ )...

Sebelum memasuki TIPS UJIAN Saya mau share tentang pengalaman saat Ujian yang menggemaskan. Ini hanya sekedar cerita tentang kejadian lucu atau kurang lucu bahkan bikin jleb bagi kami saat itu ( bagi Saya apalagi ).


Pada suatu hari Saya, Icha, Eva, Halim dan Mega sangat berbahagia sekali, karena apa?? hari itu hari terakhir Final Test di 0316. Selama 2 pekan ujian akhirnya selesai juga, Alhamdulillah. Cerita ini terjadi karena mungkin Kami atau bahkan Saya sendiri sangat santai, karena sudah ter iming iming dengan kalimat Ibu Dosen yang " Kita Ujian Open Book " ( entah iming iming bahasa Indonesianya apa tuch). Kalimat Open Book memang selalu menjadi suatu kalimat pendek yang ditunggu tunggu bagi mahasiswa kelas executive seperti kami. Nah dengan berbekal kisi kisi yang diberikan oleh Beliau, kami membuat catatan yang insyaAllah akan keluar saat ujian. Emang dasar Saya sedang sedikit mager juga, akhirnya di hari hari mepet baru membuat catatan dan membaca hanya sekilas karena tidak ambil pusing toch kan Open Book pikir saya.hehehe Dan pada akhirnya beginilah kenyataannya...............

Saya sampai dikelas pukul 18.30 wib, dengan sedikit merasa kasihan pada diri sendiri karena sepatu dan rok saya basah akibat diguyur hujan saat perjalanan dari Masjid menuju keruang kelas, apesnya lagi meskipun cuaca hujan tetap saja hawanya panas, namanya juga Jekardah hehehe. Yasudah tak apalah, nanti dikelas bisa ngadem pakai AC *pikir saya*. Sampai di kelas, aliran listrik belum On Mungkin karena lantai 4 jarang digunakan sehingga pukul 19.00 baru On. Hemmm sabar.. Tidak lama sahabat saya Icha datang dan merasakan kepanasan seperti saya. Selama dikelas kami berdua hanya berbincang bincang kenapa panas, bagaimana mudik dan yang tidak ada sangkut pautnya dengan materi ujian hingga akhirnya lampu dan AC berfungsi serta Pengawas sudah mulai datang. Dengan perasaan tetap bahagia "Open Book" nggak deg deg an sama sekali.hehehe Tak lama bapak Pengawas 1 menyuruh kami menaruh tas di depan dan mengucapkan "Metode Ujian Close Book". Jegeeeeerrrrrrrr semua tengak tengok dan gelagapan termasuk saya yang hanya memahami sebagian saja. Berharap dapat hidayah bisa mengerjakan semua.aamiinn Tak sampai disitu ternyata bukan hanya 1 pengawas yang ada di dalam ruangan Kami, tetapi untuk pertama kalinya di awas oleh 3 pengawas sekaligus.terima kasih Bapak atas hadiahnya di ujian terakhir,hehehe

sekitar 15 menit kemudian ketiga sahabat saya datang, Mega-Halim-Eva dengan wajah berseri seri ( seperti wajah Saya sebelum dengar close book) yang langsung bertanya "Open Book kan?", dengan muka serius saya bersama icha bilang "Close Book"... melihat Eva yang kaget rasanya mau teriak "Aku juga kaget loch hahaha".


Intinya ya teman teman Nih pesan buat kalian supaya nggak Shock dan kelabakan seperti Saya dan berakhir menggali ekstra apa yang diotak, saking dalamnya susah banget buat digali. serta Supaya hasil ujiannya juga memuaskan ... nih TIPS BUAT UJIAN menurut saya : 


  1. Belajar yang Rajin, sesuai materi pembelajaran ( sesuai juga mata kuliah yang mau ujian ).
  2. Persiapkan dari jauh jauh hari dan jangan malas supaya memahami materi.
  3. Duduk ditempat yang  jangan terlalu belakang ( jadi pusat perhatian Pengawas ), Jangan ditengah ( karena nggak kosen bakal dipanggil sana sini buat pinjam Tipe-X), Jangan di Pojok ( biasanya Pengawas berdiri di pojok), dan tempat strategis sebenernya Nomer dua dari depan bahkan paling depan strategis karena pengawas jarang merhatiin,hehehe ( kalau kepepet di depan suka gimana gitu hahaha tapi kalau suruh milih didepan kayanya enggak deh)
  4. Dan yang pasti jangan terlalu percaya dengan kalimat mutiara Open Book dari dosen. Karena bisa saja Pengawas lebih berkuasa dibandingkan dengan Kalimat Mutiara Sang Dosen. Atau kadang kadang Ejaan Open Book di Soal berubah seketika menjadi CLOSE BOOK. So meskipun sudah dibilang Open Book, usahakan kalian tetap belajar ya. :) supaya hasil yang diperoleh juga memuaskan. ^^
  5. Pakai rumus UJIAN =  DATANG > BERDOA > KERJAKAN > KUMPULKAN > LUPAKAN > PASRAHKAN jangan DIGALAUIN . Biasanya kebanyakan mahasiswa udah dikumpulin masih aja digalauin.hehehe 

Dan pada saat Ujian hari itu, Alhamdulillah Saya mengerjakan hampir 90% mengingat dari catatan gagal tayang dan tersimpan di Tas karena Close Book hehehe. Ilmu kepepet suka datang disaat terdesak.Alhamdulillah ^^ Alhamdulillah 0316 Done!! ... I'm Coming 0916 Hip Hip Horeeeee

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kacamata Tati Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates