Kamis, 12 Juli 2012

0 Hidup Hemat Demi Melawan Kanker

Judulny sich memang Mencegah Kanker, hanya saja yang dmaksud Kanker bukan penyakit yang kronis menyangkut fisik tetapi berkaitan erat dengan kantong Anda yang selalu jebol di tanggal tua, berkaitan erat dengan berdekatanya Kulit dompet Anda tanpa ada yang membatasi (Ati-ati bukan muhrim.#lochhh hehehe), yang dimaksud Kanker yaitu Kantong Kering, bahasa anak gaul jaman sekarang.hehehe

Kanker yang selalu kita rasakan selama ini sebenarnya bisa ditanggulangi lho, apalagi untuk remaja yang masih bergantung pada orang tua, belajar memanage keuangan itu sangat penting. Bahkan untuk teman-teman yang Alhamdulillah sudah bisa mendapatkan Penghasilan sendiri, juga harus bisa memanage Keuanganya. Agar kita bisa menikmati jerih payah kita dengan aman terkendali dan kita juga bisa menikmatinya di masa mendatang bukan hanya sesaat kita mendapatkan langsung habis terkuras.>>boros..
Beberapa cara mempraktekan Hidup Hemat demi melawan Kanker :
  •  Bedakan kata INGIN dan BUTUH
Maksud dari membedakan INGIN dan BUTUH ini, jangan selalu mengeluarkan Keuangan kalian karena alasan keinginan, tetapi keluarkan Keuangan kalian karena atas dasar Kebutuhan. Maksudnya, alasan keinginan yang mendorong kamu untuk membeli/memiliki barang itu sebenarnya adalah godaan saja, karena itu hanya sebuah keinginan dan bukan barang yang kamu butuhkan. Biasanya kalau kita membeli barang atas dasar keinginan itu bakal menyesal lho...So Butuh itu lebih penting daripada Ingin.

  • Buat Daftar Perencanaan
Agar pengeluaran tiap bulan kalian tercontrol dengan rapi, Buatlah Daftar Perencanaan Bulanan (Tiap bulan aja ya, soalnya Aku juga tiap bulan dapet pemasukannya.hehehe), itu yang saya lakukan. Daftar tersebut atas dasar dari kebutuhan saya (Ingat bukan Keinginan). Dengan daftar ini kamu akan mengetahui Pengeluaran kamu over budget atau tidak, dan bagaimana cara menanggulangi agar tidak over pun bisa dipikirkan terlebih dahulu.

  • Lakukan Menabung Mulai Dini
Kalau waktu kecil, kita sudah diajarin menabung dalam Kalengan Ayam (Kalau butuh ya dipecahin.hehehe). Dalam urusan menabung ini pasti tak lepas dari kalimat seperti ini "Menabung sich hanya buat orang-orang yang punya Uang lebih", Eitsss itu salah menabung itu bukan karena Penghasilan lebih, tetapi Kita menabung untuk mendapatkan yang lebih. Menabung tidak perlu banyak-banyak, tetapi sedikit sedikit asal rutin (Sedikit sedikit lama-lama jadi bukit). 

  • Bersedekah
Ini sich sudah bersangkutan untuk pribadi masing-masing ya. Tetapi tidak ada salahnya kan mengingatkan untuk bersedekah, berbagi rezeki yang kita dapat dengan orang-orang yang membutuhkan. Tau ga sich, Alangkah indahnya Orang yang bersedekah, dekat dengan Allah, dekat dengan Surga, bahkan tak kan Berkurang harta yang disedekahkan, tetapi akan bertambah.

Jadi, kenapa Kita perlu belajar mengelola keuangan dari sekarang? Karena Uang itu alat dan kita harus cerdas menggunakan alat itu agar menjadi berguna bagi kita. Dan perlu temen-teman ketahui mengelola Uang adalah sebuah kebiasaan yang baik dan sebuah kebiasaan yg baik ini tidak bisa muncul begitu saja. Teman-teman perlu membiasakan diri agar menjadi biasa.
Semua itu Bisa karena Terbiasa...

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kacamata Tati Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates