Kamis, 20 Agustus 2015

1 Hutan Mangrove ( PIK - Jakarta Utara )

Jalan Jalan Murah Meriah ke Hutan Mangrove Jakarta. Hutan Mangrove ini merupakan salah satu Ekowisata yang berada dipinggiran Kota Jakarta, yaitu di Pantai Indah Kapuk (PIK) berdekatan dengan bangunan Yayasan Budha Tzu Chi. Sekedar info saat Saya melihat Yayasan Budha Tzu Chi ini mengingatkan Saya akan film Kung Fu Saolin.hehehe

Yayasan Budha Tzu Chi
Mengisi liburan 17 Agustus 2015 ini, Saya dan kedua sahabat Saya berniat mendatangi Hutan Mangrove PIK Jakarta yang sudah sekian lama Kami ingin kunjungi. Bermodalkan naik motor dan memanfaatkan Google Maps, kami bertekad kesana meski belum tahu letak pastinya. Dengan range waktu normal sekitar 1 jam ( dari Kota Tangerang ), ternyata Kami nyasar dan membutuhkan waktu hampir 2,5 jam untuk sampai disana. Setelah menemukan tulisan "MENUJU EKOWISATA HUTAN MANGROVE" rasanya lega sekali. Alhamdulillah Kami sampai pada tujuan meskipun bermuter muter ria dalam perjalanan.hehehe

Masjid Al Hikmah

Untuk memasuki kawasan Ekowisata biayanya Rp 25.000,-/Orang dewasa dan untuk parkir motor  Rp 5.000,-/motor, kebetulan saat itu Kami mengendarai motor. Sebelum menuju ke kawasan Wisata tidak jauh dari Loket penjualan tiket ada bangunan yang tak kalah menariknya, yaitu Masjid Al Hikmah. Masjid Al Hikmah adalah Masjid yang bangunanya ber bahan dasar dari Kayu ( entah kayu apa saya juga tidak tahu.hehehe). Alhamdulillah Kami bisa beristirahat sejenak dan melakukan sholat Dzuhur sebelum melanjutkan perjalanan, karena kondisi juga masih sangat panas sekali jika harus berkeliling.

Kedua Sahabat Saya
Tepat pukul 14.00 WIB, Kami melanjutkan perjalanan menyusuri tempat wisata ini. Kami menuju tempat pengecekan tiket wisata. Ditempat pengecekan tiket tersebut, Petugas akan menanyakan apakah wisatawan membawa Kamera, DSLR atau camera digital lainnya selain hp atau tidak. Jika memang ada yang membawa jadi harus dititipkan benda-benda itu di tempat penitipan. Untuk yang memaksa membawa tanpa ijin akan dikenakan denda kalau tidak salah Rp 1.000.000,-. Alasan kenapa tidak boleh Saya juga kurang tahu, hanya kalau ada yang ingin melakukan Foto Pra Wedding diwajibkan membayar administrasi. Jadi kita hanya bisa memanfaatkan camera henpon saja untuk mengabadikan perjalanan ini.hehehe

Perahu Dayung

Taman Ekowisata ini cukup luas. Ada banyak arena outbond untuk anak-anak, restoran yang dekorasinya adem ( hanya lihat dari luar nggak masuk hehehe), ada taman kelinci, pondok pondok istrahat serta bangunan resort yang unik. Kami terus saja menelurusi jalan menuju resort dan danau bakau. Pemandangan indah kami temukan pada jembatan kayu yang disusun secara acak. Nuansanya asri dan tenang ( meski cuaca panas ). hijaunya pohon-pohon bakau sangat baik untuk merefresh mata dan otak. Ternyata danau ini menjadi tempat konservasi dan program tanam 1000 pohon. Banyak Label-label dari berbagai perusahaan yang menyumbangkan bibit-bibit bakau untuk melestarikan alam Jakarta. Selain itu bagi yang ingin lebih seru dan menantang dalam menikmati keindahan danau, di area wisata ini bagi wisatawan dapat menyewa perahu dayung dengan maksimal 4 orang seharga Rp 100.000,-/Perahu untuk keliling danau dengan durasi waktu 45 menit. Tetapi jika merasa capek dan kurang praktis, bisa juga menyewa kapal speedboad yang kisaran harganya antara 300rb - 400 rb)

Program 1000 Pohon

Foto Terindah yang Saya dapatkan hahaha
Senja Di Samping Masjid Al Hikmah

Jadi bagi teman teman yang bosen jalan jalan ke Mall, bisalah mencoba wisata kesini. Lebih menenangkan otak dan mata yang setiap hari penuh dengan kehidupan di ibukota.
Selamat Berkunjung dan Mengabadikan Perjalanan Wisata Alam mu yang tak perlu mahal.
Happy Blogging ^_^

Tiket Wisata Air
  • Naik Perahu dayung Rp 100.000,-/4 orang/perahu per 45 Menit
  • Naik SpeedBoad Rp 350.000/8 orang/perahu

Note :
  • Bagi Teman-teman yang ingin berkunjung kesana, hindari pemakaian Sepatu Berhak Tinggi, karena medan pijakan menuju hutan bakau hanya berupa susunan kayu dan terdapat banyak celah ijakan.
  • Kenakan Pakaian yang menyerap Keringat karena saat cuaca cerah akan terasa panas sekali)
  • Waktu terbaik saat berkunjung adalah pagi hari sekali atau sore menjelang maghrib supaya mendapat suasana sunset yang cantik
  • Bawalah Makanan dari Luar, tetapi tetap Buang Sampah Pada Tempat yang telah disediakan ya...
  • Ketentuan Tarif dapat berubah-ubah sesuai kebijakan Kantor Pengelolaan

Untuk Rute kesana dengan angkutan Umum saya belum bisa menceritakan karena saya kesana naik motor. Sehingga untuk biaya estimasi saya belum tahu. Maaf ya...