Minggu, 28 Oktober 2012

0 Cara Mengatasi Rambut Rontok

  Kalian mungkin pernah mengalami ini, bukan pernah tetapi hampir 99% wanita didunia pasti mengalami, bahkan untuk kalian para hijabers yang pasti akan lebih galau menghadapi masalah  rambut rontok. Berbagai hal telah dicoba untuk mengobati dan mengatasinya. Tetapi ada baiknya kita ketahui dulu apa saja hal-hal yang yang menyebabkan kerontokan rambut tersebut, sebelum kita menyembuhkannya.
Hal-hal Penyebab Kerontokan Rambut :

A. Kerontokan rambut karena diet dan kurang nutrisi.
Orang yang melakukan diet dengan tujuan menurunkan berat badan resiko pertama yang dihadapi adalah kekurangan kalori dan nutrisi,. Kalori sangat dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan diet yang cukup ketat tubuh akan merasa letih, mudah capek, dehidrasi sehingga berdampak pula terhadap kesehatan rambut. Kekurangan zat besi sehingga anemia juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Jadi perhatikan tata cara diet anda agar rambut tetap terlindungi.


B. Rambut rontok disebabkan sakit dan mengonsumsi obat tertentu
Saat sakit seseorang tentu meminum obat-obatan tertentu yang berdampak pada rambutnya. Reaksi alergi terhadap obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kerontokan rambut. Misalnya jenis obat anti depresan (pengurang tekanan fikiran), dan diuretik serta obat kemoterapi (obat kanker)

C. Rontok rambut karena faktor hormonal
Faktor hormonal bisa disebabkan karena faktor genetik, misalnya Androgenetic Alopecia, Telogen Efluvium, yaitu kerontokan rambut karena folikel rambut berhenti tumbuh karena kehamilan, penyakit maupun pembedahan


D. Rambut rontok karena Stress
Seseorang yang berfikir terlalu keras dan banyak menghadapi berbagai permasalahan berisiko mengalami rambut rontok. Bahkan tugas serta tanggung jawab yang menumpuk bisa membuat kita stress karena kurangnya cara kita dalam memanage tanggung jawab tersebut.

E. Kerontokan yang disebabkan faktor Usia
Semakin tua umur seseorang semakin berpotensi menyebabkan kerontokan. Ini akibat berkurangnya produktivitas hormon penumbuh rambut.

F. Kesalahan dalam perawatan rambut
Tidak sedikit para wanita yang tergiur iklan dan promosi produk perawatan rambut, namun tidak sesuai dengan jenis rambut. Atau karena ingin mengikuti mode style rambut tertentu sehingga sering pergi ke salon, rambut secara modis memang bagus namun dilihat dari sisi kesehatan, mungkin rambut kita tidak sehat karena sering dipermak.

Okey,, setelah saya jelaskan penyebab-penyebab yang membuat Rambut Rontok, sekarang kita bahas Bagaimana cara mengatasi kerontokan rambut?
 
Berikut beberapa tips Cara Mengatasi Rambut Rontok yang disebabkan hal-hal di atas 
:

1. Jika rambut rontok karena stress, Anda bisa saja melakukan relaksasi melalui aktivitas yoga, terapi, meditasi olahraga ringan seperti berjalan dan lain-lain. Hindari tekanan dan penyebab stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut yang lebih parah yang dapat mengarah pada kebotakan.Jika stress jangan meminum obat penenang yang justru bisa memperparah kerontokan
2. Jika penyebabnya karena faktor hormonal Anda bisa mengkonsumsi obat-obatan tertentu utuk merangsang dan menyeimbangkan hormon.

3. Kerontokan rambut bisa terjadi karena kurang nutrisi seperti vitamin E, C zat besi. Rajin mengkonsumsi obat yang banyak mengandung vitamin tersebut merupaka upaya pencegahan dan pengobatan kerontokan rambut. Selain itu perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar.

4. Saat sakit memang kita mengalami dilema antara penyembuhan atau mengurangi kerontokan rambut. Disini dibutuhkan kebijakan Anda sendiri, namun bisa saja Anda kurangi pemakaian dosis obat. Jika kerontokan masih berlanjut. sepertinya tidak ada jalan lain, kecuali membiarkannya. Hubungannya dengan obat antidepressan , penenang (anti stress), sebisa mungkin menghindari obat-obatan semcam ini, selain dapat menyebabkan kerusakan ginjal juga menyebabkan kecanduan.

5. Kurangi intensitas kegiatan perawatan rambut. Pakai shampo dan kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut.

Demikian Tips & Trik yang bisa saya ulas di postingan kali ini, Terimakasih udah mau Mampir.
Tunggu Tips & Trik berikutnya ya

Happy Blogging ^^      

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kacamata Tati Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates